Visi dan Misi

TUJUAN UMUM

Lulusan Ma’had Al ‘Ilmi diharapkan lebih bisa memahami ilmu-ilmu dasar untuk menunaikan kewajiban individunya (aqidah, ibadah, akhlak, dan sebagian muamalah) serta memiliki ilmu-ilmu alat sebagai bekal pengembangan kemampuan ilmiah dirinya sebagi thalibul ilmi dan calon da’i (bahasa Arab, ushul fikih, mushthalah hadits, qawa’id fiqhiyah, dan maqashid syar’iyah).

TUJUAN KHUSUS

  • Dalam bidang Tauhid. Santri memahami dasar-dasar ilmu tauhid serta memahami dasar dan praktek penerapan kaidah ilmu tauhid.
  • Dalam bidang Aqidah. Santri memahami dasar-dasar ilmu aqidah yang terkait dengan rukun iman. Target tambahan : Santri memahami dasar-dasar ilmu aqidah salaf dari sumbernya secara langsung.
  • Dalam bidang Fikih. Santri memahami fikih thaharah, shalat, perawatan jenazah, puasa, zakat fithri, hukum-hukum pernikahan dan mawaris.
  • Dalam bidang Ushul. Santri memahami dasar-dasar ilmu mushthalah hadits, ushul fiqih, qawa’id fiqhiyyah, dan maqashid syar’iyah
  • Dalam bidang Hadits. Santri memahami faidah-faidah hadits Al Arba’in An Nawawiyah melalui kitab syarahnya
  • Dalam bidang Manhaj. Santri memahami hakikat manhaj salaf dan dalil-dalil yang mendasarinya. Selain itu, santri juga memahami penjelasan para ulama dalam menghadapi fenomena fitnah perselisihan yang muncul di dalam tubuh salafiyin.
  • Dalam bidang Akhlak. Santri memahami kewajiban-kawajibannya sebagai hamba Allah, anggota keluarga, saudara, anggota masyarakat dan sebagai rakyat.
  • Dalam bidang Fiqh Dakwah. Santri memahami kaidah-kaidah dan norma-norma yang harus diperhatikan dalam hal dakwah ilallah berdasarkan dalil-dalil syari’at fiqh dakwah
  • Dalam bidang Ilmu Tajwid. Santri bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar menurut kaidah ilmu tajwid sehingga terhindar dari lahn sehingga nantinya bisa menjadi imam shalat dengan kualitas bacaan yang baik.
  • Dalam bidang Baca kitab/Bahasa Arab. Santri menguasai tehnik membaca kitab berbahasa arab, mampu untuk mengi’rab, dan memahami isi bacaan.
  • Dalam bidang Hafalan. Santri menghafal 4 juz terakhir dari Al Qur’an, matan hadits Jami’ul ‘Ulum wal Hikam, serta doa dan dzikir sehari-hari

KUALIFIKASI CALON SANTRI

Yang diterima sebagai Santri Ma’had Al ‘Ilmi adalah yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
[1] Muslim.
[2] Bisa membaca Al Qur’an.
[3] Mempunyai bekal kemampuan membaca kitab berbahasa Arab, atau
[4] Lulusan Ma’had Umar bin Khathab (lama belajar 1 tahun).
[5] Bersedia menjalani pendidikan selama 2 tahun.
[6] Sanggup membayar SPP setiap bulannya.

2 thoughts on “Visi dan Misi

    • Wa’alaykumussalam. Syarat usia minimal adalah 17 tahun. Adapun kriteria lulusan apa, tidak ada spesifikasi khusus. Yang penting calon santri lolos tes seleksi, memahami dasar-dasar bahasa arab, serta komitmen untuk menjalani pendidikan selama setahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s